PENULISAN ARTIKEL

19 September 2017 14:52:49 Dibaca : 60

PENULISAN ARTIKEL


Oleh :
Virya Anisa Towalu
Atika Nur’arief Rustam

 

Artikel. Apakah saat mendengar kata artikel teman-teman berpikiran bahwa artikel adalah berita dari media online? Jika benar dugaan saya maka teman-teman wajib membaca penjelasan di bahwa ini! Dan bagaimana jika dugaan saya salah? Yaa teman-teman tetap wajib membacanya juga, hehee.
Artikel didevinisikan sebagai sebuah karangan factual (non-fiksi) tentang suatu masalah secara lengkap, yang panjangnnya tak tentu, untuk dimuat di surat kabar, majalah, bulletin, dan lain sebagainya, dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta guna meyakinkan, mendidik, menawarkan pemecahan suatu masalah atau menghibur (romli, 2003:80).


Bisakah saya menebak lagi pikiran teman-teman,setelah membaca penjelasan diatas teman-teman mengambil keputusan bahwa yang dimuat dimedia online tidak termasuk artikel?tentu saja tidak.Tulisan artikel dapat dimuat dimajalah,surat kabar maupun media online. Artikel harus mengandung fakta,tentang masalah sekaligus menyampaikan gagasan/pemecahan masalahnya yang ditinjau dari pandangan teoritis atau untuk membangun opini public yang positif terhadap organisasi/perusahaan.


Jenis-jenis artikel
Artikel praktis, artikel yang mengangkat hal-hal ringan dengan penyajian yang ringan pula. Artikel praktis biasanya seperti tutorial atau cara melakukan sesuatu. Artikel analisis, artikel yang membutuhkan analisis serta logis dan ilmiah. Artikel ini biasanya mengangkat permasalahan serius. Artikel umum, artikel yang prinsipnya sama dengan artikel analisis tetapi masalah yang diangkat sesuatu yang cenderung umum.

Langkah-langkah menulis artikel yang baik
Memilih topic, topic yang ditulis harus dapat diterima (disukai) oleh pihak sedaksi yang berwenang agar dimuat dalam surat kabar. Jika kamu sebagai public retion officer (PRO) yang akan mengirim artikel perusahaankamu ke redaksi, kamu harus tau redaksi seperti apa akan kamu pilih. Jika perusahaan kamu adalah perusahaan yang bergerak dibidang kuliner maka kamu harus mengirimkan artikel kamu ke redaksi yang berhubungan dengan kuliner juga, tidak mungkin artikel kamu dikirim keredaksi yang berhubungan dengan otomotif.


Mengetahui dan memahami pembaca, sama dengan memilih topic, penulisan artikel harus mengetahui dan memahami pembaca. Pengetahuan terhadap calon pembaca sangat menentukan penulisan yang disesuaikan. Menyatakan ide pokok secara eksplisit, penulis yang berpengalaman mengawali artikelnya dengan sesuatu yang menarik. Memberi ilustrasi yang segar dan menarik, penulis hendaknya menyertakan ilustrasi yang relevan dengan gagasan atau permasalahan yang dikemukakan agar tulisannya lebih dipahami, berwarna, menyegarkan, dan menarik. Menggunakan bahasa yang hidup dan segar, bahasa yang hidupdan segar terasa dari perbendaharaan kata yang memadai tetapi dipahami pembaca, pengguna kalimat yang tidak kaku, lancar dalam penyampaian sesuatu serta enak dibaca.


Menutup tulisan dengan paragraf yang kuat, penulis hendaknya mengupayakan secara serius supaya artikel yang ditulis menimbulkan respons atau sikap yang diharapkan dari pembaca. Hidari kalimat yang menggantung dalam menulis penutup tulisan, karena akan membuat pembaca kesal. Menyunting tulisan dangan teliti, kesalahan yang sering kali terjadi; penggunaan ejaan hingga tata bahasa. Atau biasanya terkait dengan isi atau penyajiannya. Membaca secara detail merupakan keharusan uantuk memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. Membuat judul artikel, judul yang menarik dapat merangsang minat pembaca untuk membaca artikel tersebut. Judul”1000 petani digorontalo gagal panen” lebih menarik dari judul petani digorontalo gagal panen”.


Dalam menulis artikel jangan lupa harus dilengkapi dengan unsur 5W+1H. sudah di jelaskan diatas bahwa artikel adalah sebuah karangan factual/fakta, jadi jangan pernah membuat artikel yang bersifat hoax ya.. kamu seorang PRO dan membuat artikel hoax? Saya jamin perusahaan/organisasi kamu akan mengalami kemunduran. Masyarakat akan menjadi enggan dengan pemberitaan tentang organisasi/peruahaan anda. Dan teman-teman harus tau bahwa informasi dari mulut ke mulut tidak kalah cepat dengan informasi yang tersebar dimedia sosial.

Referensi :
Sopian. 2016. Public relation writing. Jakarta : PT Grasindo

 

Tips untuk melakukan tarian

01 April 2017 02:33:03 Dibaca : 23

https://www.youtube.com/watch?v=OHTglBleYuI

KHALAYAK DALAM PUBLIK SPEAKING

01 April 2017 01:35:41 Dibaca : 125

Apa sih maksud dari Khalayak sebagai bagian dari public speaking ? Istilah khalayak media berlaku universal dan secara sederhana diartikan sekumpulan orang yang menjadi pembaca, pendengar, pemirsa berbagai media. Kumpulan ini disebut sebagai khalayak dalam bentuk yang paling dikenali dan versi yag diterapkan dalam hampir seluruh penelitian media itu sendiri. Calusse (1968) menunjukkan beberapa kerumitan untuk membedakan beberapa kadar keikut sertaan dan keterlibatan khalayak. Khalayak pertama dan tersebar adalah populasi yang tersedia untuk menerima tawaran komunikasi tertentu. Dengan demikian semua yang memiliki pesawat televisi adalah audiens televisi dalam artian tertentu. Khalayak kedua merupakan khalayak yang menerima hal-hal yang ditawarkan dengan kadar yang berbeda-beda seperti pemirsa televisi reguler. Pembeli surat kabar dan sebagainya. Khalayak ketiga adalah khalayak yang mencatat penerimaan isi pesan masih dalam bagian lebih kecil yang mengedepankan pesan yang ditawarkan . Nah kemudian yang selanjutnya apa sih komunikasi massa kategori pendengar atau khalayak dalam public speaking?

Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar, majalah) atau elektronik (radio, televisi), yang dikelola oleh suatu lembaga yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar di banyak tempat,anonim dan heterogen. Proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim darisumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifatmekanik seperti; radio, televisi, surat kabar dan film. Komunikasi massa juga adalah komunikasi yang di dalurkan oleh pemancar-pemancar audio dan atau visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih mudah dan lebih logis bila di definisikan menurut bentuknya: televisi, radio, surat kabar majalah, film, buku, dan pita.)Seperti dikatakan Effendy, Onong Uchjana dalam bukunya Ilmu Komunikasi Ciri-ciri komunikasi massa adalah sebagai berikut 1)Komunikasi massa berlangsung satu arah Berbeda dengan komunikasi antar persona yang berlangsung dua arah (Two way traffic Communications, komunikasi masa berlangsung satu arah. Ini berarti bawah tidak terdapat arus balik dari komunikan kepada komunikator. Dengan demikian si pemberi berita tidak mengetahui tanggapan dari pembaca atau si pendengar berita tersebut. 2)Komunikator pada komunikasi melembaga Media masa atau si pembicara sebagai saluran atau yang menyampaikan komunikasi merupakan perwakilan dari lembaganya,, oleh karenanya si komunikator memiliki keterbatasan yang harus di ikuti demi menjaga nama baik lembaganya. 3)Pesan pada komunikasi massa bersifat umum Pesan yang disebarkan melalui media massa bersifat umum (public) karena ditujukan kepada umum dan mengenai kepentingan umum. Jadi tidak ditujukan kepada perseorangan atau kelompok tertentu. Dan yan terakhir adalah apa sih maksud dari teori komunikasi kelompok ?

Komunikasi Kelompok adalah sekumpulan orang – orang yang terdiri darii tiga atau lebih. Kelompok memiliki hubungan yang intensif di antara mereka satu sama lainnya, terutama kelompok primer. Intensitas hubungan di antara mereka merupakan persyaratan utama yang dilakukan oleh orang-orang dalam kelompok tersebut. kelompok kecil adalah sekumpulan perorangan yang relatif kecil yang masing-masing dihubungkan oleh beberapa tujuan yang sama dan mempunyai derajat organisasi tertentu di antara mereka.

HUMAN INTERST

13 December 2016 23:03:18 Dibaca : 36

UAS YANG MEMBUAT TEGANG
Siang Itu para Mahasiswa datang kekampus Untuk mengikuti Mata kuliah, Seiring Berjalannya waktu Para Mahasiswa Satu persatu memasuki ruang kuliah Untuk mengikuti UAS Pada Hari Itu. Didalam ruangan Mereka Sibuk dengan kesibukan mereka Masing-masing, Entah apa yang ada dalam fikiran mereka entah memikirkan nilai UAS Mereka atau Hal lain. Ada yang sibuk menghafal materi dan raut wajah mereka begitu Tegang saat Dosen Tersebut menanyakan Tentang materi Itu. Adapun raut wajahnya Tanpak Tenang-tenang Saja.
Seiring Berjalannya Waktu Satu Persatu Mahasiswa Selesai Ditanyakan Tentang Materi Tersebut. Setelah beberapa jam berlalu dan akhirnya para mahasiswa tersebut sudah menyelesaikan UAS yang membuat mereka tegang saat berada Didalam ruangan tadi.
Pada Saat keluar dari ruang kuliah mereka semuah satu sama lain saling Tanya tentang apa yang di tanyakan oleh dosen saat di dalam ruang tadi, ada yang menjawab hanya poin-poin terpenting da nada juga di tanyakan tentang tema dari materi itu dan di suruh jelaskan dan ada juga hanya di tanyakan salah satu poin tersebut dan di suruh jelaskan kepada dosen tersebut.
Saat itu mereka juga begitu tegang dan di dalam hati mereka hanyalah suara detak jantung yang begitu cepat dan hal itu membuat wajah mereka berubah saat di tanyakan tentang materi tersebut. Dan merekapun hanya bisa tertawa terbahak-bahak tentang hal itu.
Siang itu matahari begitu terik, merekapun pulang untuk istrahat dan adapun lagi sibuk dengan tugas-tugas yang lain. dan adapun yang masih berada di kampus untuk nongkrong untuk melepas stress yang membuat beban dan yang lain tidak tahu kemana. Seiring berjalannya waktu mereka yang nongkrong di kampus itupun pulang kerumah mereka masing-masing untuk beristirahat.

Feature Mengembangkan Cerita Human Interest

02 December 2016 09:14:42 Dibaca : 64

Kecelakaan mobil


Pada waktu itu hujan begitu deras dan pada waktu itu juga saya di ajak oleh papa saya pergi jalan-jalan di setiap perjalanan kami menikmati tetesan hujan yang jatuh, akan tetapi di tengah perjalanan kami mengalami kecelakaan yang begitu parah, Mobil kami menabrak mobil angkutan umum yang tiba-tiba terparkir di tengah jalan.
Dan saat itu juga mobil kita juga di tabrak oleh mobil lain dari belakang tapi untunglah tidak menimbulkan korban jiwa akibat kecelakaan itu. Mobil kami dan mobil yang lain rusak parah dan semuah pengendara yang ada dalam mobil mereka keluar dan menghampiri papa saya dan mereka menyalahi papa saya sebagai penyebab kecelakaan itu.

Dan mereka meminta ganti rugi kepada papa saya tentang kerusakan yang dialami mobil mereka, akan tetapi papa saya bersikap kepala dingin terhadap persoalan itu dan papa saya mengatakan kepada mereka biarlah kejadian ini diserahkan kepada aparat yang berwajib. Dari akibat kecelakan itu warga sekitar datang bergerumpul di tempat kejadian tersebut. Pada saat itu papa saya menelfon mama saya yang berada di sekolah meminta agar dia segerah datang di tempat terjadinya kecelakaan itu, dan saat itu juga mama saya langsung datang di tempat itu dan memastikan bahwa kami tidak apa-apa.

Dan saat itu juga papa saya menelfon aparat kepolisian untuk datang ketempat kejadian perkara tersebut, dan saat itu juga mereka datang ketempat yang terjadi kecelakaan itu. Di saat itu juga papa saya menelfon keponakannya untuk datang menjemput saya, tidak beberapa saat kemudian dia datang dengan menggunakan mobilnya untuk menjemput saya kebetulan hari itu hujan deras makanya dia membawa mobil untuk menjemput saya.

Di saat saya turun dari mobil saya, saya ingin sekali untuk ikut bersama papa dan mama saya kekantor polisi bersama pengendara yang lain. akan tetapi sya tidak di izinkan oleh orang tua saya untuk ikut bersama mereka. Tetapi saya tidak mau mendengarkan mereka maunya saya ikut bersama mereka tapi papa saya menyuruh saya untuk saya pulang bersama sepupu saya. Dan sayapun menuruti apa yang di katakan oleh orang tua saya, sayapun pulang dengan sepupu saya, di perjalanan saya hanya bisa menangis dan berdoa kepada tuhan tentang apa yang terjadi pada saat itu.

Sesampainya saya di rumah saya hanya bisa mendoakan orang tua semoga mereka tidak terjadi apa-apa kepada mereka disana. Beberapa saya menunggu mereka pulang dan akhirnya mereka pulang dengan baik-baik saja. Sayapun menanyakan kepada mereka apa yang terjadi di sana dan papa saya hanya mengatakan kepada saya mereka menyelesaikan masalah itu dengan cara baik-baik sehingga tidak terjadi konflik antara mereka dengan pemilik mobil yang lain.

Dan pada akhirnya mereka bisa pulang dengan tanpa mengganti ataupun terluka. Sayapun bisa bernapas legah Dan sayapun bersyukur kepada allah berkata pertolongannya orang tua saya bisa pulang kerumah dengan selamat. Dan saya menyediakan makanan untuk mereka karena saya tahu mereka sudah lapar seharian akibat kejadian tersebut, Dan kamipun makan bersama.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong