Perencanaan Bahan-Bahan Pengajaran
BAB I
PENDAHULUAN.
1.1 Latar Belakang.
Dalam proses belajar mengajar dalam kelas, maka diperlukan suatu bahan bahan untuk pengajaran. Dalam proses pembelajaran dalam kelas, maka diperlukan suatu rencana atau perencaan lebih awal terkait bahan-bahan apa saja yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam bahan bahan pembelajaran, maka diperlukaan yaitu aspek aspek materi yang ditunjau dari konsep, Prinsip, Fakta, Proses, Nilai, Keterampilan. Nah tentunya dalam bahan bahan pembelajaran terdapat suatu syarat atau kriteria memilih pelajaran yang didalamnya terdapat kriteria tujuan intruksional, materi pelajaran yang terjabar, relevan dengan kebutuhan siswa, kesesuaian dengan kondisi masyarakat, materinya yang mengandung segi segi etik, tersususun dalam ruang lingkup. Nah tentunya kemudian terdapat bagian bagian lain dalam hal menyediakan perencanaan bahan bahan pelajaran yaitu identifikasi satuan bahasa. Ini tentunya sangat berpengaruh dalam perencanaan bahan bahan pengajaran.
1.2 Rumusan Masalah.
- Aspek-Aspek Materi.
- Kriteria Pemilihan Materi Pelajaran.
- Identifikasi Satuan Bahasa.
1.3 Tujuan.
- Ingin mengetahui Apa saja yang Aspek Aspek Dalam Materi
-
Ingin mengetahui Apa saja Kriteria Pemilihan Materi Pelajaran
- Ingin mengetahui Identfikasi Satuan Bahasa.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Aspek-Aspek Materi.
Apabila kita mempelajari lebih dalam mengenai materi pelajaran kita dapat melihat adanya berbagai aspek diantaranya aspek konsep, fakta, proses, nilai, dan keterampilan. Untuk istilah istilah dapat dijelaskan lebih detail.
a. Konsep menurut Harjanto, (2010 : 220) beliau menjelaskan bahwa konsep adalah suatu ide atau gagasan suatu pengertian yang umum, misalnya kekayaan alam yang dapat diperbaharui.
b. Prinsip, adalah suatu kebenaran dasar sebagai titik tolak untuk berpikir atau merupakan suatu petunjuk untuk berbuat/melaksanakan sesutu.
c. Fakta, adalah sesuatu yang telah terjadi atau yang telah dikerjakan/dialami. Mungkin berupa hal, atau objek atau keadaan.
d. Proses, merupakan serangkaian perubahan, gerakan-gerakan perkembangan, proses juga dikatakan sebagai sesuatu hal yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan untuk mencapai suatu tujuan.
e. Nilai adalah suatu pola, ukuran atau merupakan suatu tipe atau model. Nilai juga dapat dikatakan sesuatu yang berharga.
f. Keterampilan, adalah kemampuan berbuat sesuatu dengan baik, keterampilan juga dapat dikatan sebagai suatu keahlian.
Dari keenam aspek tadi tentunya telah dijelaskan dan telah menjadi pertimbangan dasar dalam menentukan bahan pelajaran. Sesuatu satuan bahasan yang telah ditentukan dianalisis lebih lanjut konsep konsep dan prinsip prinsip apa yang akan disampaiakan dan seterusnya. Materi yang akan dijelaskan kepada siswa harus dianalisis apakah sesuai dengan kurikulum. Selain itu, perlu ada perencanaan yang sistematis agar waktu yang tersedia dalam satu semester untuk tiap bidang studi dapat dimanfaatkan secara optimal.
2.2 Kriteria Pemilihan Materi Pelajaran.
Materi pelajaran berada dalam ruang lingkup kurikulum, pemilihan materi pelajaran harus berjalan dengan ukuran ukuran untuk memilih isi kurikulum bidang studi bersangkutan. Kriteria pemilihan materi pelajaran mendasari penentuan strategi belajar mengajar diantaranya :
a. Kriteria Tujuan Instruksional, Materi pelajaran terpilih dimaksudkan untuk mencapai tujuan khusus atau atau tujuan tingkah laku supaya sejalan dengan tujuan tujuan yang telah dirumuskan.
b. Materi Pelajaran supaya terjabar, perincian materi pelajaran berdasarkan tuntutan di mana setiap TIK dirumuskan secara spesifik.
c. Relevan dengan kebutuhan siswa kebutuhan siswa yang pokok adalah bahwa mereka adalah bahwa mereka ingin berkembang berdasarkan potensi yang ingin dimilikinya. Untuk mengembangkan pribadi siswa beberapa aspek diantaranya adalah pengetahuan sikap, nilai, dan keterampilan.
d. Kesesuaian dengan kondisi masyarakat, siswa disiapkan menjadi masyarakat yang berguna mampu hidup mandiri. Materi pelajaran dipilih hendaknya membantu untuk perkembangan menjadi manusia yang mudah menyesuaiakan diri.
e. Materi pelajaran menganduk segi segi etik, materi pelajaran yang dipilih hendaknya memepertimbangkan segi perkembangan moral. Pengetahuan dan keterampilan mereka peroleh dari mata pelajaran telah mereka terima untuk mengembangkan dirinya sebagai manusia yang etik.
f. Materi pelajaran tersusun dalam ruang lingkup dan urutan yang bsistematik dan logis, setiap materi pelajaran disusun secara bulat dan menyeluruh. Materi disusun berurutan mempertimbangkan faktor perkembangan siswa. Diharapkan meteri tersebut mudah diserap oleh siswa.
g. Materi pelajaran bersumber dari buku sumber yang baku, pribadi guru yang ahli, dan masyarakat. Buku sumber yang baku umumnya disusunoleh para ahli dalam bidangnya dan disusun berdasarkan GBPP yang berlaku. Guru dikatakan sebagai sumber belajar karena itu guru harus banyak membaca dan mengetahui berbagai ilmu agar dapat diajarkan kepada siswa.
2.3 Identifikasi Satuan Bahasa.
2.3.1 Penentuan satuan bahan pelajaran sebagai landasan bagi penyusunan satuan pelajaran
Dari beberapa satuan pelajaran yang telah dikembangkan oleh para guru tampak belum adanya kesamaan pengertian tentang dasar yang digunakan untuk menentukan bahan untuk dijadikan landasan penuliasan satuan pelajaran.
2.3.2 Cara menentukan suatu satuan pelajaran
• Mendalami pokok-pokok bahasan dalam GBPP dan perannya dalam mencapai tujuan-tujuan kurikulum dan intruksional umum.
• Mengkategorikan bahan-bahan pengajaran dalam satuan-satuan konsep pengertian atau masalah dalam hal beberapa pokok bahasan bahan-bahan pengajaran saling berkaitan satu sama lain.
• Menetapkan satuan-satuan konsep dan pengertian atau masalah sebagai satuan bahasan; dan
• Menetapkan perbandingan peranan antara berbagai satuan bahasan tersebut untuk menentukan lokasi waktu bagi setiap satuan.
a. Dasar-dasar merancang kegiatan belajar mengajar
• Berdasarkan pada tujuan intruksional yang hendak dicapai
• Berdasarkan konsep belajar CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
• Bertitik tolak dari kesepian belajar siswa
• Mempertimbangkan sumber-sumber tersedia
b. prosedur menentukan kegiatan belajar mengajar
• Mengidentifikasi aspek-aspek kemampuan yang terkandung di dalam tujuan sebagai indikator hasil belajar yang di harapkan.
• Mengidentifikasi perilaku yang tersirat dalam tujuan pengajaran yang hendak di capai, yang meliputi perilaku –perilaku yang spesifik, dapat di amati dan terukur.
• Mengidentifikasi materi pelajaran dengan berpedoman pada pokok-pokok bahasan dan sub-pokok bahasan.
• Mengidenfikasi strategi pelajaran dengan berpedomanpada bahasan dan sub-sub pokok bahasan
• Mengidentifikasi kegiatan belajar mengajar, yang sesuai dengan strategi belajar mengajar yang dipilih.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan.
Dalam proses belajar mengajar didalam kelas maka seorang guru merencanakan bahan bahan apa saja yang akan dipakai dalam proses pengajaran. Sehingga pengajar dalam hal ini guru dapat memberikan atau bisa melakukan proses belajar mengajar dengan rinci dan punya urutan untuk mengajar. Dalam penentuan bahan bahan pengajaran maka dibutuhkan berupa aspek aspek materi, kriteria pemilihan materi dan identifikasi satuan bahasa. Tentunya ini sangatlah penting dalam guru untuk menyediakan bahan bahan pengajaran.