ARSIP BULANAN : April 2016

Pelatihan Jurnalistik Dasar

19 April 2016 09:59:48 Dibaca : 90


JURNALIS PROFESIONAL
Christopel Paino
(Mongabay Indonesia)

Pada dasarnya media massa saat ini telah menjadi kekuatan keempat (the fourth estate), di luar kekuasaan eksekutif, legislatif dan judikatif. Artinya media massa merupakan sarana utama penegakan demokrasi substansial. Fakta yang cukup mengejutkan adalah perubahan media menjadi mediacracy (mediakrasi), hal ini terjadi pada tahun 1998 atau setelah reformasi. Tak dapat kita pungkiri kehidupan manusia saat ini tidak terlepas dari pengaruh media massa khususnya televisi. Menurut Everett M. Rogers media massa berperan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengambil bagian secara aktif dalam proses pengambilan keputusan mengenai perubahan. Media massa selalu menawarkan perubahan kepada masyarakat, namun pada posisi ini masyarakat juga menjadi bagian dari pengambil keputusan atas perubahan yang ditawarkan media massa.

Media massa juga dianggap memainkan peran penting dalam membentuk dan merefleksikan pendapat umum, yang menghubungkan dunia luar dengan individu, melalui reproduksi citra di dalam masyarakat. Dalam hal ini media massa mengungkapkan kenyataan dan sekaligus membuat makna dari fakta yang ada.
Ada beberapa jenis media yang kita kenal saat ini, yaitu :Media cetak (koran, majalah, tabloid); media elektronik (TV, radio); Web (Internet, Blog); Media Sosial (twitter, Facebook). Dari beberapa jenis media tersebut, kemungkinan besar ini akan terus berkembang dengan berbagai bentunya.

Bicara media massa kita tidak terlepas dari istilah jurnalis atau orang yang melakukan kerja jurnalistik. Jurnalis juga pada umumnya dikenal dengan istilah wartawan atau orang yang mewartawakan peristiwa dengan kerja jurnalistik. Dalam hal ini yang menjadi pekerjaan jurnalis ialah mencari informasi, memperoleh, memilih, menyimpan, mengolah serta menyunting. Kemudian hasilnya disampaikan dengan tulisan, gambar atau foto, suara dan gambar, data, grafik dan bentuk-bentuk lain. Baik menggunakan media cetak, elektronik, dan segala saluran yang dapat dimanfaatkan. Sehingganya untuk menjadi jurnalis yang professional, seharusnya seorang jurnalis harus membuka wawasan agar tidak berfikir secara sempit.
Berita merupakan peristiwa atau kejadian, kebijakan pemerintah dan pendapat/ penilaian ahli yang kompeten yang penting untuk segera diketahui masyarakat. Pada dasarnya berita harus aktual, menarik, mengandung kedekatan / proximity, memiliki konflik, terdapat dampak dan pengaruh serta perubahan.

Struktur penulisan berita yaitu piramida terbalik, Lead (semua informasi penting pada paragraf-paragraf awal, serta harus memenuhi prinsip 5W+1H). Tubuh berita (Eksplorasi ‘Why’ dan ‘How’). Akhiran (detil dan keterangan tambahan). Berita baru dapat ditulis apabila seorang wartawan telah mendapatkan fakta berita ( dari press release, jumpa pers, seminar, wawancara, atau peristiwa langsung di tempat kejadian). Akan tetapi tidak semua fakta lapangan bisa ditulis menjadi berita (fungsi self sensorship).

Diterbitkan pada 6 April 2016 oleh Van Robin
Pembongkaran halaman rudis Bupati Bonbol dengan mengambil kembali material Paving Block untuk diangkut ke truk. (Foto: Andi/Gorontalo Post/hargo

Hargo.co.id BONE BOLANGO – Rumah Dinas Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang sejatinya telah ditempati sejak masa akhir jabatanya pada periode pertama yakni September 2015 silam.Namun, Selasa (5/4), sekitar pukul 15.30 wita, Rudis yang terletak di Desa Ulanta Kecamatan Suwawa, Bone Bolango itu kedatangan tamu tak diundang.


Pantauan Gorontalo Post(hargo.co.id), pembongkaran halaman rudis Bupati itu dilakukan tak lain untuk mengambil kembali material Paving Block yang sudah dipasang di halaman Rudis Bupati.Pembongkaran yang menggunakan alat berupa sekop dan linggis tersebut dimulai dari arah samping kanan Rudis kemudian diteruskan hingga dibagian depan.


Material Paving Block yang sudah dibongkar diangkut dengan menggunakan truk. Saat diwawancarai Gorontalo Post (hargo.co.id) Yuyun Lahay mengaku, alasan dirinya membongkar halaman Rudis Bupati Bone Bolango dan mengambil material Paving Block.Paving Block yang sudah terpasang di halaman tersebut karena ulah kontraktor yang tidak kunjung membayar material sebanyak 16 Ribu biji Paving Block tersebut senilai Rp 85 juta.

 

<

Ketergantungan Pada HandPhone

06 April 2016 17:33:17 Dibaca : 56

Teknologi informasi telah memberi pengaruh besar terhadap pola pikir hingga pada perubahan perilaku. Hand Phone (Hp) saat ini sudah menjadi bagian daripada kebutuhan manusia serta menjadi sesuatu yang tidak dapat lagi dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Dari kalangan anak-anak hingga dewasa sudah tersentuh oleh perkembangan teknologi informasi. Pada dasarnya Hp memiliki banyak manfaat dalam kehidupan tetapi juga mudaratnya sulit untuk kita kendalikan.

 

Nilai positif dari Hp tentunya kita sudah tahu, tetapi nilai negatifnya yang terkadang kita sering abaikan. Pengaruh besar Hp yaitu pada psikologis kita, saat ini dalam masyarakat kita telah banyak terjadi pergeseran nilai dan norma. Jika kita melihat orang-orang yang ada disekitar, sepertinya tak ada hari tanpa Hp. Banyak masyarakat sudah “bertuhan” kepada teknologi informasi saat ini.

 

Kasus yang sering terjadi, ketika telepon berdering nada panggilan masuk, kita dengan segera menjawabnya namun ketika orang tua kita memanggil sering kita mengabaikannya bahkan lebih ironisnya sampai membantahnya hanya karena kita merasa terganggu saat mengotak-atik HandPhone. Hal ini bukan hanya terjadi sekali duakali saja, ketergantungan pada Hp telah melahirkan berbagai macam kasus lainnya.

KONTROVERSI AKSES MENUJU MESJID KAMPUS

06 April 2016 17:31:14 Dibaca : 81

Sabtu, 2 April 2016, Mesjid Syabilurrasyad Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah diresmikan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan pendidikan tinggi. Dengan demikian gedung budaya yang dijadikan mesjid sementara , yang sebelumnya terletak di dekat pintu gerbang kampus tidak digunakan lagi. Mesjid baru ini lebih luas dan mewah dibanding mesjid sebelumnya. Lokasinya tepat di depan toko mufida atau di mesjid kampus yang pertama kali.

 

Mesjid ini menjadi sebuah kebanggaan untuk masyarakat kampus dan warga sekitarnya, karena mesjid ini lebih menjamin kebersihan dan kesuciannya. Namun disisi lain, ada kontropersi yang terjadi terkait akses menuju mesjid. Dengan berlakunya aturan satu jalur kenderaan roda dua dan tiga menyulitkan masyarakat kampus menuju mesjid, terutama fakultas-fakultas yang jauh dari mesjid. Karena tidak ada akses kenderaan yang bisa langsung menuju mesjid kampus tersebut.

 

Untuk menuju mesjid, kenderaan hanya bisa sampai di lokasi parkiran tepat di gedung budaya, setelah itu harus melanjutkan dengan jalan kaki. Kondisi ini membuat banyak orang yang mengeluh terkait masalah tidak adanya akses langsung untuk pengguna kenderaan roda dua atau tiga untuk menuju masjid kampus. Hal ini seharusnya menjadi perhatian khusus bagi petinggi-petinggi kampus, agar bisa memberikan solusi yang tepat.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong