Belajar, Mengajar Dan Pembelajaran.

22 September 2024 11:46:31 Dibaca : 22 Kategori : Paper

         Manusia hampir setiap hari menagalami proses belajar. Aktivitas yang dilakukan baik secara individu, kelompok maupun dengan lingkungannya terjadi siklus kegiatan belajar. Aktivitas yang dihasilkan dari interaksi baik individu dengan individu, individu-individu dengan kelompok dan kelompok dengan lingkungannya telah terjadi rentetan aktivitas yang menghasilkan rentetan pengalaman dan itulah disebut sebagai kegiatan belajar. Kegiatan belajar jelas berbeda dengan mengajar dan pembelajaran walaupun muaranya memiliki tujuan yang sama, maka dari itu penulis akan mengulas Pengertian belajar. Sering terbesik dipikiran kita bahwa kegiatan belajar harus didalam kelas, harus ada guru dan lain lain sesuatu hal yang berkaitan dengan bangku sekolah dan buku pelajaran. Untuk itu simaklah.

            Belajar merupakan kegiatan penting setiap orang termasuk didalamnya belajar bagaiaman seharusnya belajar.  Terdapat beberapa terminologi yang terkait dengan belajar, dan tentu menimbulkan keraguan dalam penggunaanya terutama di kalangan siswa dan mahasiswa yaitu belajar, mengajar, dan pembelajaran. Sejatinya belajar, mengajar dan pembelajaran sejatinya merujuk pada aktivitas yang berbeda namun mempunyai muara yang tujuannya sama.

            Mengajar dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau aktivitas untuk melahirkan dan menciptakan suatu keadaan yang mampu mendorong siswa untuk belajar. Keadaan ini diantaranya yaitu transformasi pemgetahuan dari guru ke siswa, akan tetapi terdapat cara lain dimana terdapat media interaktif yang sudah disediakan oleh guru. Berbagai kajian mengemukakan bahwa Instruction atau bisa disebut sebagai pembelajaran suatu sistem yang bertujuan membantu proses belajar siswa yang berisi seperangkat kejadian yang dirancang dan disusun sedemikian rupa. Dalam pembelajaran, sistuasi atau kondisi yitu proses belajar harus dirancang dan dipertimbangkan terlebih dahulu. Proses pembelajaran sering diartikan hampir sama dengan proses belajar mengajar dimana dimana didalamnya terjadi proses interaksi antara guru dan siswa dan antar siswa untuk mencapai suatu tujuan yaitu terjadinya perubahan sikap dan tingakh laku siswa.

            Pembelajaran berupaya mengubah masukan berupa siswa yang tidak terdidik menjadi terdidik, siswa yang belum memiliki pengetahuan tentang sesuatu menjadi siswa yang memiliki pengetahun tentang sesuatu.

            Sebenarnya belajar dapat terjadi tanpa pembelajaran, namun hasil belajar akan tampak jelas dari suaru aktivitas pembelajaran. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan terjadinya proses belajar dari dalam diri siswa. seseorang telah mengalami proses belajar apabila telah terjadi perubahan dari tidak tahu menjadi tahu. Dalam Proses pembelajaran, hasil belajar dapat dilihat secara langsung.

Refrensi Rujukan. 

Anurrahman. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. CV. ALFABETA.