8 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala

21 September 2017 23:03:21 Dibaca : 175

Setiap manusia di muka bumi ini pasti pernah yang mengalami sakit kepala dan salah satunya anda yang sedang membaca artikel ini. Ternyata, sakit kepala merupakan salah satu jenis penyakit yang paling populer dan sudah bukan menjadi rahasia umum lagi.

Siapa saja dan kapan saja, sakit kepala dapat dialami oleh semua orang. Baik itu anak-anak sampai dengan orang dewasa. Sedangkan untuk penyebab utama dari sakit kepala pun sangat beragam.
Jaman sekarang ini, sakit kepala paling sering disebabkan oleh banyaknya pikiran sehingga menjadi stres, berbagai masalah yang dihadapi mengenai masalah pekerjaan, pernah mengalami benturan

akibat kecelakaan, sakit flu, tumor, kanker dan sebagainya.
Sakit kepala yang paling umum dan paling sering dijumpai adalah salah satu jenis paling ringan. Karena sakit kepala ini bisa sembuh dengan sendirinya cukup dengan istirahat atau tidur.
Bagi penderita sakit kepala, alangkah baiknya untuk mencoba berbagai cara pengobatan secara alami sebelum melakukan metode pengobatan menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala. Akan tetapi, sakit kepala yang dibahas saat ini bukan sakit kepala yang berat ataupun kronis namun merupakan jenis sakit kepala yang ringan. Sedangkan sakit kepala berat atau kronis disarankan untuk periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Nah, berikut ini ada beberapa tips mudah cara mengatasi sakit kepala untuk diterapkan menggunakan cara alami, diantaranya adalah :

1. Minum air putih

Sakit kepala dapat diatasi dengan mengkonsumsi air putih. Pemicu sakit kepala karena dehidrasi menunjukkan kondisi tubuh sedang mengalami kurang cairan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari nya dapat mengatasi sakit kepala akibat dehidrasi.

2. Konsumsi buah pisang
Buah pisang mengandung magnesium yang berfungsi untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit kepala sebelah atau biasa disebut dengan sakit migraine.

3. Konsumsi kentang
Kentang mengandung kalium yang befungsi untuk mengatasi rasa sakit kepala dan alangkah baiknya kentang disajikan dengan direbus.

4. Konsumsi makanan-makanan dan minuman-minuman yang mengandung mint.

5. Kompres pada bagian kepala yang terasa sakit lalu gosok dengan perlahan memakai es batu. Ingat, lakukan hal ini secara perlahan hingga rasa sakit kepala mereda.

6. Tenangkan pikiran dan berusaha santai menghadapi tekanan yang ada serta istirahatlah agar terhindar dari stres.

7. Kenali berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat memicu sakit kepala. Mengapa hal ini penting ? karena setiap orang memiliki pantangan atau alergi tertentu yang dapat memicu rasa sakit kepala. Contohnya, hindari konsumsi daging kambing secara berlebihan, karena daging kambing mengandung kolestrol yang cukup tinggi.

8. Hindari konsumsi kafein berlebihan
Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan sebisa mungkin jangan berlebihan jika sedang meminum kopi. Apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak kafein dapat memicu rasa sakit kepala.

Gunakan tips dan cara alami mengatasi sakit kepala saat berada dirumah dan apabila sakit kepala yang anda alami tidak mereda, seperti yang dikutip dari blog omdimas lebih baik segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.