Mengetahui Lebih Tentang Kubah Masjid Kekinian

Kubah sangat identik dengan masjid atau tempat ibadah umat Islam. Kemegahan sebuah masjid dapat dilihat bukan saja menaranya, ornamennya, kaligrafinya, bangunannya tapi juga dilihat dari keunikan kubah masjid tersebut. Pada era moderenisasi skarang ini banyak sekali masjid-masjid dibangun dengan desain dan ornament yang kekinian untuk lebih mempercantik dan memperindah masjid terutama pada kubah masjid itu sendiri. Kubah masjid yang sangat beragam dari design, ukuran dan bahannya membuat terciptanya kata-kata Kubah Masjid kekinian yang sangat menarik untuk dibahas. Kubah masjid terdapat beberapa gaya arsitektur saat pembangunan, ada yang dibangun dengan dipengaruhi gaya arsitektur lama, gaya arsitektur timur tengah dan ada juga yang bergaya arsitektur modern.

Baca: karpet masjid murah

Kubah Masjid kekinian di Indonesia salah satunya adalah kubah Masjid Raya Al-Azham yang berada di Tanggerang, selesai dibangun pada tanggal 28 februari 2003, dan diresmikan langsung oleh Menteri Agama RI saat itu, Said Agil Husin Al Munawar. Masjid Raya Al-Azham merupakan masjid terbesar dan termegah di Tanggerang. Satu hal yang unik dari Masjid ini adalah kubah besarnya yang tidak ditopang oleh tiang penyangga. Kubah masjid Raya Al-Azham ini menjadi kubah masjid terbesar di dunia dengan bentangan diameter sepanjang 63m. Selain kubah terbesar di dunia ada juga kubah kekinian yang minimalis modern seperti kubah masjid enamel dan juga kubah masjid guvalum sehingga mampu memikat daya tarik orang yang melihatnya. Sudah banyak masjid-masjid dikota besar yang membangun dengan gaya kubah masjid enamel dan kubah masjid guvalum, yang memang sudah teruji kekokohannya. Kubah masjid kekinian bukan saja menarik orang untuk datang beribadah tapi juga menarik orang untuk bersantai dan mengabadikan momen berfoto.

Dengan penambahan keimanan, banyak orang Islam yang berlomba untuk membuat tempat ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semakin banyaknya tempat ibadah yang dibangun, maka semakin bermacam-macam bentuk kubah masjid yang ada saat ini. Macam-macam Kubah masjid kekinian yang ada saat ini tidak lepas dari peranan perkembangan ilmu arsitektur Islam yang terjadi diseluruh dunia, dan banyak arsitektur muslim yang menghasilkan produk dan inovasi namun tidak lepas tetap menonjolkan sisi keislamannya.

Posted in Uncategorize
Leave a Reply


Name


Website


Comment


Chapta
jvcbsi