Terapkan Kumpulan Tips Jitu Berikut Ini Untuk Mengatasi Bagian Ruang Keluarga Di Rumah Agar Terlihat Lebih Luas

22 November 2019 14:36:29 Dibaca : 1102

Tolak ukur kenyamanan tentu kerap kali ditentukan dari luasan ruang yang dipunyai. Namun pemikiran seperti itu keliru, dengan ruangan kecil pun Anda dapat merasakan kenyamanan seperti layaknya rumah yang luas.

Hanya saja butuh untuk melakukan penataan ekstra untuk menghadirkan kesan nyaman yang dapat dirasakan oleh seluruh keluarga. Pertanyaannya, ruang mana yang wajib didesain nyaman agar bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga? Jawabannya mungkin akan berbeda-beda, ada yang ingin bagian dapur, taman, atau ruang keluarga.

Namun, umumnya para pemilik hunian di lahan terbatas akan memilih ruang keluarga sebagai jantung ruang hunian mereka.

Bahkan, mereka mau untuk meniadakan ruang tamu agar ruang keluarga tampil lebih luas. Masalah yang sering muncul adalah bagaimana memperoleh ruang keluarga yang nyaman sekalian jadi enak untuk dilihat ? Perhatikan beberapa trik berikut ini yang dapat membuat ruang keluarga Anda jauh dari kesan kecil, sempit, serta panas.

Jangan Pernah Menggunakan Jenis Furniture Yang BesarYang dimaksud furnitur bulky yaitu jenis furnitur yang berukuran besar serta biasanya makan tempat. Menata ruang sempit harus memperhatikan keseimbangan antara luas yang ada dengan furnitur dan aksesori pengisinya.

Seperti halnya dalam menentukan sebuah sofa, Anda bisa memakai sofa 2 dudukan sebagai pemanis ruangan. Atau, menghilangkan rak-rak yang tidak perlu serta menggantinya dengan media penyimpan baru yang lebih simpel, contohnya saja pada ambalan di dinding.

Membuat Jenis Lemari TanamTidak hanya dibuat sebagai ruang berkumpul, area keluarga juga seringkali dibuat sebagai area menyimpan barang pribadi pemilik rumah dingdong togel, seperti buku, perkakas tangan, majalah, dokumen, serta lainnya. Hal inilah yang menjadikan ruang keluarga terlihat sangat kecil dan panas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat rak-rak atau lemari built-in (lemari tanam). Kehadiran lemari tanam ini menjadi salah satu cara penyimpanan di area mini. Untuk menambah kesan luas, Anda dapat menambahkan elemen kaca pada pintu pada lemari. Namun, tetap sesuaikan ukuran lemari dengan ukuran ruang yang ada . Jangan sampai kehadirannya justru menjadikan ruang semakin kecil .

Selalu Mengatur Titik PencahayaanFaktor pencahayaan pada ruang menjadi faktor yang tidak kalah penting. Secara garis besar, cahaya mampu membuat kita mengalami bentuk secara visual, menikmati warna, tektur, serta ruang. Para ahli desainer juga mengatakan bahwa semakin terang sebuah rumah maka kesan lega serta luas akan semakin terasa, begitupun sebaliknya. Jangan lupa untuk memberikan cahaya kuning untuk memberi kesan nyaman serta hangat.

Selalu Memakai Warna TerangUntuk menghilangkan kesan sempit pada rumah Anda, sebaiknya pilih warna-warna yang terang, misalnya saja putih atau warna pastel. Penggunaan warna gelap, seperti hitam, akan menjadikan ruang terkesan berat serta sempit. Untuk menghindari kesan monoton, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna cerah di beberapa elemen interior, contohnya jenis lemari built in, dinding, serta soft furnish.

Ukuran TV Harus Sesuai Dengan Ukuran RuanganSangat simpel namun sangat wajib untuk diperhatikan. Memang benar, ruang keluarga tanpa TV kurang lengkap rasanya. Namun, tentukanlah ukuran TV yang sesuai dengan ukuran ruangan. Contohnya saja, TV dengan ukuran 29 inci idealnya ditaruh di ruang keluarga yang berukuran 3m x 4m. Jika ukuran ruang kurang dari itu, sebaiknya pilih TV dengan ukuran yang lebih mini.

Coba Untuk Meletakan TV Di DindingUntuk membuat ukuran ruang menjadi lebih efektif, Anda dapat menghilangkan rak atau credenza TV. Sebagai gantinya Anda bisa menaruh TV di dinding serta memasangnya secara menggantung. Pemasangan TV ini memerlukan media braket untuk menompang beban TV.