Pemilihan Media Dalam Proses Pembelajaran.

22 September 2024 10:53:21 Dibaca : 11 Kategori : Paper

Abstrak. 

          Media merupakan alat perantara yang digunakan dalam proses pembelajaran, media tentu sangat penting dalam mendukung pembelajaran. Pemilihan Media Pembelajaran diharapkan agar guru mampu memilih dan memanfaatkan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dalam tulisan ini merupakan hasil kesimpulan presentasi kelompok 2 Pada mata kuliah Media Pembelajaran. 

Pendahuluan. 

                   Media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan karena memainkan peran penting dalam proses transfer pengetahuan antara guru dan siswa. Media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan motivasi mereka, dan mendukung mereka dalam mencapai tujuan belajar mereka. bersama-sama Dengan perkembangan teknologi, berbagai jenis media pembelajaran juga semakin beragam. cetak, audio, video, dan media interaktif digital. 

                   Pilihan media pembelajaran yang tepat bukan hanya memilih alat bantu pengajaran; itu juga merupakan strategi penting dalam merancang proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Media harus dapat menyampaikan materi dengan cara yang sesuai. mudah dipahami oleh siswa berdasarkan karakteristik dan kebutuhan mereka. Media harus mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.

         Namun, dalam kenyataannya, berbagai masalah seringkali muncul saat memilih media pembelajaran. Faktor-faktor seperti akses teknologi, kemampuan siswa untuk mengakses media, dan relevansinya dengan materi yang diajarkan. tidak memahami standar pemilihan media yang tepat dapat berdampak pada seberapa efektif seseorang belajar dan bahkan dapat menghambat seseorang untuk mencapai hasil yang diinginkan. yang terbaik.

A. Media Jadi Dan Media Rancang. 

                 Media Jadi adalah media yang digunakan dalam pembelajaran dalam bentuk Jadi, dan langsung kita gunakan. Ada beberapa kelebihan menggunakan media jadi yaitu lebih menghemat waktu dan mudah di cari. Beberapa contoh media jadi diantaranya : 

  1. Buku Pelajaran, Buku pelajaran merupakan media yang sangat dekat bagi kita. Bahkan guru sering menggunakan Buku dalam kelas sebagai pegangan didalam kelas.
  2. LKS/LKPD

  3. Film pendek

  4. Film dokumenter

B. Media Rancang. 

          Media Rancang yaitu media yang belum langsung digunakan, melainkan harus perlu dirancang terlebih dahulu sebelum digunakan. Kelebihan dari media Rancang diantaranya adalah lebih khusus digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu mdia rancang yang bisa kita gunakan dalam proses pembelajaran diantaranya :

  1.  Poster,
  2.   Model Tiga Dimensi
  3.   Power Point
  4. Dan Flipcart

C. Cara Memilih Media Pembelajaran.     

Cara Memilih Media dalm Proses Pembelajaran Diantaranya :

1. Mudah Di dapat

2. Melakukan analisis kebutuhan dan nalisis kondisi siswa

3. mudah didapat dan dibuat

4. Melakukan Evaluasi Media