UNG Terapkan IT

18 October 2012 19:00:21 Dibaca : 1716 Kategori : 921411001

Penggunaan Bandwidth Koneksi Internet UNG Mengalami Trafik Tinggi

 

Mulai efektifnya perkuliahan dan rutinitas pegawai dilingkungan Universitas Negeri Gorontalo yang kembali normal membuat penggunaan bandwidth koneksi internet dikampus merah maron tersebut menggalami kelonjakan yang cukup signifikan.

 

Terpantau kemarin senin(27/8), trafik penggunaan internet UNG melewati batas normal pada penggunaan waktu yang sebelumnya. Ini dibuktikan dengan data yang dirilis oleh pihak Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PUSTIKOM) yang selalu mengawasi penggunaan internet. Menurut salah seorang tim teknis jaringan, pada hari senin ini trafik penggunaan bandwidth internet UNG rata-rata mencapai 40 mbps, bahkan pernah mencapai puncaknya yaitu 50 Mbps. Terutama penggunaan di jam kerja, yaitu antara pukul 09.00-16.00 WITA. Sebagai informasi data trafik penggunaan internet UNG ini berdasarkan data yang ditampilkan oleh bandwidth meter internal milik UNG.

 

Penggunaan bandwidth internet yang cukup tinggi ini memang cukup logis apabila melihat dengan mulainya berbagai rutinitas kampus yang kembali normal setelah libur lebaran. Apalagi saat ini banyak kegiatan ataupun event yang sedang digelar. Namun penggunaan bandwidth internet yang cukup tinggi tidak mempengaruhi penggunaan intenet itu sendiri, terpantau internet teta plancar. 

 

Penggunaan bandwidth internet yang mengalami kelonjakan yang cukup tinggi ini merupakan suatu ujian tersendiri terhadap backbone IT yang ada dan ini juga merupakan suatu pertanda penggunaan internet termanfaatkan dengan maksimal.

 

 

 

UNG Mulai Terapkan Manajemen Kampus Berbasis IT

 

 

 

Posted on 29/11/2011 at 23:39GORONTALO – Pemandangan menarik segera terlihat di kampus Universitas Negeri Gorontalo. Pasalnya tidak akan lama lagi universitas terbesar di Provinsi Gorontalo ini, segera menerapkan pembelajaran/kuliah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Jumat, (25/11) kemarin, staf dosen dan penunjang akademik untuk mem-back up, implementasi TIK di bidang akademik itu mulai dilatih di Pusat Pelayanan Informasi dan Komunikasi (Pustikom) UNG.

 

Direktur Pustikom UNG, Dr. Sukarman Kamuli, M.Si, ketika membuka pelatihan IT bagi dosen dan pegawai UNG menegaskan bahwa IT menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam grand desain pengembangan UNG dibawah kepemimpinan Rektor Dr. Syamsu Q. Badu, M.Pd. Pilar lain selain IT adalah quality insurance, environment (penataan lanskap kampus) dan pendidikan karekter. “Pengembangan IT menjadi bagian tidak terpisahkan dari keseluruhan grand desain pengembangan kampus UNG menuju kampus unggul di kawasan Indonesia bagian Timur,â€Â papar Sukarman, yang belum lama menyelesaikan jenjang S3 di Universitas padjadjaran, Bandung itu.
Ditambahkannya, pelatihan IT untuk dosen dan tenaga penunjang akademik ini akan terus dilakukan hingga keseluruhan dosen dan pegawai mahir dalam penggunaan IT. “Saya perlu tegaskan juga bahwa IT yang akan dilatihkan disini bukan soal bagaimana cara membuka akun seperti FB dan lain-lainnya, tetapi IT yang akan dilatihkan adalah IT yang menunjang kegiatan perkuliahan,â€Â tegas Sukarman yang disambut applaus peserta pelatihan IT di lantai II gedung Pustikom UNG. Untuk tahun 2011 lanjut Sukarman, dosen dan tenaga penunjang akademik yang akan dilatih berjumlah 640 orang.

 

Sementara itu, ketua panitia pelatihan IT, Taufik Harun, A.Md, menjelaskan pelatihan IT kali ini menghadirkan pemateri-pemateri di lingkungan UNG, seperti M. Isnaeni Nurdin, S.Kom, Wirasto Karim, S.Kom, Arbyn M. Dungga, ST, Edi Johan Syah Djula,A.Md dan beberapa dosen lainnya. Menurut Taufik, hari pertama pelatihan IT baru dilingkungan bagian kepegawaian biro administrasi umum dan keuangan, dan kasubag kepegawaian masing-masing fakultas.
Menurut kepala Divisi Pelatihan Dan Layanan TIK, Abd.Rahman Kuku S.Pd, kegiatan ini merupakan program kampus yang telah direncakan untuk melatih pegawai agar mempunyai skill dalam pengoprasikan Komputer dan Web, dalam pelatihan ini materi-materi yang disampaikan cukub beragam, seperti Penggunaan Sistim informasi kepegawaian (SIMPEG). Adapun materi-materi lainnya yang akan dijalani ke depannya adalah pelatihan e-learning, pelatihan sistem informasi tata Usaha, Pelatihan Aplikasi Perkantoran, dan pembuatan Web Site.

 

Yang menarik, selama pelaksanaan pelatihan semua peserta langsung melakukan praktikum. Menurut Taufik Harun, pelatihan IT untuk dosen dan tenaga penunjang akademik UNG, akan berlangsung hingga tanggal 14 Desember 2011 mendatang.(wandy)